PAUD BU Mengenal Ragam Suku, Belajar Toleransi Sejak Dini

banner 468x60

post by : Redaksi 

Jejak faktual.com– Keseruan belajar mengenal manusia bersuku-suku tergambar dalam kegiatan belajar mengajar event ordinary (KBM EO). Peserta didik Taman Kanan-kanak (TK) Permata Bunda mengenakan pakaian adat.

Guru TK Permata Bunda berharap, anak-anak bisa mengenal banyak suku di Indonesia. Sehingga sejak dini terutama rasa toleransi, dan menerima keragaman budaya di Indonesia. “Kita ingin anak-anak mengetahui meskipun kita berbeda-beda suku, tapi tetap satu,” terangnya, Kamis (02/05/2023).

Tidak hanya pakaian adat, Peserta didik juga belejar mengenal rumah adat melalui sebuah gambar. Selanjutnya, diajak mencicipi makanan tradisional khas daerah. Misalnya Tempoyak ikan mas, Lemea ikan nila, Kue Bay Tat dan Kue Bolu Koja asal Bengkulu Utara.

“Anak-anak bisa merasakan perbedaan cita rasa makanan khas tiap daerah. Juga mengetahui bahan baku untuk membuat menu makanan itu,” imbuhnya.

Selain itu, tiap peserta didik diajak mengenal alat permainan tradisional. Sepak Genteng dari Bengkulu Utara, juga bakiak dari Sumatera. Sedangkan untuk membangkitkan keceriaan dan semangat, peserta didik diajak bermain ular naga, khas Jawa Tengah atau nama lainnya curik-curik–istilah di Bali. Kemudian enggo-enggo asal Sulawesi.

“Melalui kegiatan ini, kita harap anak-anak bangga tinggal di negara Indonesia yang sangat kaya akan budaya, permainan tradisional, bahasa, juga makanan khasnya,” ujarnya.

Sementara itu yang disampaikan Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Bengkulu Utara Drs Fahruddin, Melalui kepala Bidang (Kabid) PAUD Nila Nandia Sari, S.Ip, menjelaskan kegiatan ini sangat bagus untuk anak usia dini supaya mengenal ragam suku bangsa kita terutama daerah bengkulu utara.

“Kegiatan ini sangat bagus dan sangat membantu anak-anak usia dini lebih bisa mengenal ragam suku bangsa dan daerah kita,” pungkasnya.

Sebelum kegiatan inti, para peserta didik di area sekolah. Mereka membawa bendera Merah Putih yang terbuat dari plastik sambil menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia. Selanjutnya belajar menempel bendera Indonesia.(Adv)

 

banner 300x250

Pos terkait

banner 468x60

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *